-->

Haruskah Aku Mendengar Nasehatmu?

Dengarkan nasehat ayah dulu’ kamu jangan...’ Dengarkan kataku ‘kamu harusnya...’ Bla Bla Bla.. Sudah pernah dengar orang bernasehat atas diri kita bukan? Namun apakah kamu benar benar mendengarnya? Atau masuk kiri keluar kanan, melihat tapi tak mendengar.
Nasehat Kakek via devianart


Terkadang banyak orang yang mengabaikan sebuah nasihat gara-gara hatinya tertutup ego yang tinggi, Padahal seharusnya cukup kita dengarkan dan cobalah sedikit mengerti, mungkin bukan untuk saat itu ketika emosimu sedang meledak, namun rileks dan ingat kembali nasehat mereka.

Karna sudah dapat dipastikan ketika kita mengabaikan sebuah nasihat dan pada akhirnya kita terjatuh pasti hanya ada penyesalan tak berguna. Kenapa? Haruskah Aku mendengar nasehat? Tenang kamuters, sebaiknya kamu perlu tau dulu ada beberapa manfaat dan pentingnya sebuah nasihat.

1. Pengarah

Point satu ini biasanya sering terjadi antara anak dan orang tua, sering kali dalam kehidupan keluarga terdapat sebuah masalah pada anak. Bisa masalah prinsip, cita-cita, dan bahkan pendamping hidup. Biasanya disini nasihat orang tua akan menjadi sebuah petunjuk arah mau kemana hidup kita berjalan, ke kanan ataukah ke kiri.

Kenapa nasihat dari orang tua bisa jadi petunjuk arah? Karena memang kedua orang tua lah yang tahu kita, watak, kegemaran, sikap dan lain sebagainya, merekalah yang selama ini memperhatikanmu sejak keluar dari orok hingga sedewasa ini (dewasa secara fisik).

Jadi tak sangatlah mungkin jika nasihat kedua orang tua seharusnya kamu jadikan menjadi sebuah petunjuk arah, kehidupanmu kelak.

Quote Kamuters :

Dengarkan nasehat kedua orang tuamu, tidak harus kamu menerimanya secara langsung, namun mengertilah mereka hanya ingin yang terbaik untukmu.

2. Solusi

Point kedua ini biasanya terjadi antara sahabat dan sahabat, teman dengan teman lainnya. Terlebih lagi jika seorang anak yang jauh dari orang tua atau perantauan, pasti akan banyak menemui masalah-masalah yang butuh solusi cepat dan tanggap ketika jauh dari orang tuanya.

Bisa masalah pekerjaan, pendidikan, pemilihan pasangan yang dibutuhkan secara cepat dianggap menjadi sebuah pilihan sulit. Karena memang sebuah sahabat yang mempunyai hubungan kepedulian yang kuat maka mereka dapat tahu apa yang kita butuhkan bukan?.




Maka itu pentinglah di dalam hidup ini untuk kamu memiliki minimal seorang sahabat yang benar benar mengerti dan peduli terhadap mu saat sulit maupun senang.

Quote Kamuters :

Kalau bukan karna sahabat? Siapa lagi yang mengerti kamu?

3. Petuah

Pada point ketiga ini sering terjadi antara guru dengan murid atau dosen dengan mahasiswa. Seorang guru maupun dosen akan tahu dengan pasti tentang masalah kita, terlebih lagi jika masalah itu tentang akademik.

Karena memang seorang guru maupun dosen akan menajadi orang tua kedua kita ketika sedang berada di tempat pendidikan, seperti sekolah dan kampus. Sebuah petuah dari guru maupun dosen akan menjadi sebuah memori yang akan menghantarkan ke sebuah keadaan yang lebih baik di bidang pendidikan maupun kehidupan.

Quote Kamuters :

Seorang dosen/guru yakinlah tidak akan mencoba menyesatkan kita, karna pda dasarnya ketika seseorang memutuskan mengabdi penjadi pendidik maka dalam hatinya bercita cita membantu banyak orang melaui jalur pendidikan.

4. Penyemangat

Point 4 : Penyemangat biasanya sering terjadi antara atasan dan bawahan, leader in teamwork. Terkadang ketika seorang karyawan atau pekerja yang sudah mulai jenuh dengan pekerjaannya, pasti seorang leader yang baik akan memberikan sebuah nasihat yang sifatnya mengembalikan semangat yang sudah kendor. Hal seperti ini juga sering terjadi di sebuah organisasi, jika anggota timnya mulai lesu tidak semangat maka seorang ketua/koordinator yang memiliki integritas harus mampu mengembalikan mood para anggota tercintanya.

Quote Kamuters :

Jadilah seorang leader yang memimpin dan berbaur dan jangan menjadi bos yang hanya bisa mengatur tanpa peduli keadaan dan mencari keuntungan.

Demikian four points super yang sekiranya dapat memberikan inspirasi lebih bagi kamuters yang bertanya tanya pentingkah sebuah nasehat?Nasihat itu penting kawan, jangan sekali-kali menyia-nyiakannya.

Sumber via pojokan-artikel.com editor : Alia Natafitria on kamut blog

1 Response to "Haruskah Aku Mendengar Nasehatmu?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel